Cara Membedakan Foto Manipulasi Atau Bukan

Teknologi untuk memanipulasi foto sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat untuk berbagai kebutuhan. Berbagai keperluan seperti pengeditan warna, pencahayaan, backgorund, menghaluskan gambar dan lainnya bisa dilakukan dengan mengunakan berbagai macam aplikasi edit foto.

Seiring dengan kecanggihannya tersebut banyak para kreator editing foto yang banyak mengekspresikan karya mereka melalui hasil manipulasi foto dengan skil keahlihan editing gambar yang mereka miliki. Hal ini yang kadang banyak menjadikan kejahatan didunia digital yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan tertentu.

Banyak kasus manipulasi foto palsu yang menyeret nama publik figur atau sosok intelektual yang terkenal yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab. Biasanya mereka melakukan editing foro berupa gambar yang tidak pantas di publikasikan secara publik dengan tujuan membuat keruh nama baik dari target sasaran mereka.

Untuk itu kami akan memberikan beberapa ulasan sederhana bagaimana cara membedakan foto yang asli atau hasil editan berdasarkan analisa teknologi gambar agar anda tidak mudah tertipu jika terdapat gambar yang beredar. Dengan demikian anda bisa membedakan mana gambar asli dan mana gambar palsu dari gambar foto yang tersebar tersebut.

 

Tips Membedakan Foto Manipulasi Atau Bukan

Ada cara untuk menganalisa yang bisa kita pelajari untuk membedakan mana itu foto manipulasi atau foto asli. Diantara yang kita bahas ini nantinya akan kami ulas dari sisi ilmu pengetahuan agar anda lebih mudah memahaminya. Berikut adalah cara menganalisa yang harus anda perhatikan apakah foto tersebut manipulasi hasil editan atau bukan.

Menganalisa Pixel Construction

Cara pertama yang harus diteliti untuk membedakan foto hasil editan atau asli adalah dengan memperhatikankontruksi piksel dalam foto tersebut. Pixel adalah satuan inchi terkecil yang saling menyusun satu sama lainnya dengan jumlah mencapai puluhan jutaan unit untuk setiap gambar standar beresolusi 150dpi.

BACA JUGA  2 Cara Menambahkan Watermark Dengan Photoshop

Dengan ukuran pixel yang sedemikian kecilnya, pengguna tidak akan menangkap tumpukan pixel tersebut kecuali dengan memperbesar gambar tersebut ke ukuran maksimal. Ukuran gambar hasil editing pada umumnya berolusi sangat rendah dan untuk mengetahu sangat mudah anda hanya tinggal melakukan zoom pada foto tersebut untuk melihat keasliannya.

Jika sebuah foto di zoom maka akan terlihat piksel gambar dengan ukuran kotak-kotak kecil yang sama dan beraturan. Anda bisa melihat pada setiap transisi gambar foto baik dari garis mata, leher, rambut dan lain sebagainya untuk melihat keaslian foto tersebut.

Gambar hasil manipulasi akan terlihat piksel gambar akan berantakan dan tidak sama ukurannya. Selain itu hasil editan yang kasar akan menampilkan foto yang kurang pas ketika dilihat mata karena transisi foto yang tidak menyatu.

 

Menganalisa Dari Gambar Foto

Cara lainnya untuk melihat foto hasil editing atau tidak adalah bisa dilihat dari transisi gambar yang dihasilkan.Transisi foto bisa dilihat di bagian muka, rambut, background rambut, bagian tangan dan bagian lainnya yang sangat sulit untuk di manipulasi.Anda bisa melihat dari transisi warna dari setiap detail foto tersebut apakah terlihat mencurigakan atau tidak.

Cahaya kontras warna akan terlihat berbeda dengan foto aslinya dan ukuran resolusi foto akan lebih kecil dari ukuran aslinya. Jika foto terlihat mencurigakan dan terkesan ada yang janggal bisa dibilang foto tersebut merupakan hasil editan.

Selain itu anda juga bisa membandingkan dengan foto asli yang anda miliki dari orang atau objek tersebut. Pembandingan bisa dilakukan dari segi wajah, ciri fisik, rambut dan ciri lainnya yang memang sulit untuk di manipulasi.

 

Penutup

Demikian cara secara sederhana bagaimana membedakan foto manipulasi atau bukan, selain cara diatas terdapat juga cara yang lebih canggih yaitu melalui tools atau aplikasi tertentu untuk menganalisa sebuah keaslian foto. Cara ini biasanya digunakan untuk melakukan penyelidikan oleh pihak berbwajib dengan menggunakan alat digital forensik untuk mencari identitas tertentu.

BACA JUGA  2 Cara Menambahkan Watermark Dengan Photoshop

Sekian artikel yang dapat reviewkamera.com sampaikan semoga ulasan yang kami berikan ini bermanfaat buat anda.

 

About reviewkamera