Fotografi Gedung

Fotografi Gedung Dari setiap bagungan pasti mempunyai nilai estetika dan keunikannya sendiri, mulai dari bentuknya maupun sejarah yang ada didalamnya. Jika kita paham dan mengerti bagaimana cara pengambilan gambar yang tepat, gedung yang tampak biasa akan terlihat lebih indah.

Terkadang trik memotret gedung ini sering luput dari perhatian orang-orang, terkecuali kalian menyerahkan pekerjaan ini ke bidangnya atau jasa fotografi gedung.

Tips Fotografi Gedung

1. Membidik Garis Atau Bidang yang Simetris

fotografi gedung membidik garis simetris

Foto akan bernilai artistik jika dalam sudut pengambilan gambar dan perspektifnya tepat. Dengan sebuah lensa khusus yaitu shift lens, lensa ini bsia memperbaiki masalah-masalah pada perspektif gambar, namun harga lensa ini bisa dibilang cukup mahal.

Cara lain yang lebih terjangkau ialah mencari titik memotret yang jauh dan menggunakan lensa zoom, atau jika kalian memotret dengan jarak yang lebih dekat cobala mencari tempat yang lebih tinggi seperti naik ke beberapa lantai yang ada digedung yang bersebrangan. Selain itu, bidang simetris pada sebuah bangunan yang saling bertatapan bisa menjadi angle yang menarik untuk diambil.

2. Memperhatikan Detail

detail fotografi gedung

Kebanyakan orang jika ingin memotret sebuah bangunan atau gedung selalu berfikir untuk memotret keseluruhan gedung, tapi sebenarnya detail-detail kecil yang unik dari bangunan tersebut juga bisa dijadikan objek yang menarik.

Coba perhatikan lagi apakah dibangunan tersebut memiliki ukiran unik, patung atau pola berulang. Jangan sepelekan gedung-gedung yang sudah jelek karena biasanya gedung yang sudah lama memiliki pola arsitektur yang menakjubkan dan unik.

3. Mengatasi Cahaya yang Berlebihan

fotografi gedung over exposure

Cahaya berlebihan (over exposure) dapat menjadikan hasil foto tidak fokus. Maka sebelum kamu melakukan foto alangkah baiknya pelajari petunjuk pengaturan manual dari kamera kalian, lakukan beberapa kali pengambilan gambar dengan pengaturan yang berbeda-beda, atau mencari posisi yang tepat agar cahaya tidak terlalu berlebihan.

Pada dasarnya sebuah bangunan atau gedung adalah salah satu objek foto yang paling mudah untuk diukur tingkat pencahayaannya. Seringkali batu dari bangunan tersebut memiliki warna yang hampir abu-abu atau merah tua sehingga kamera akan merekamnya dengan akurat.

Namun terkadang banyak gedung yang terlihat gelap karena memiliki kaca berlapis film atau bengunan yang terlalu terang dengan cat berwarna putih. Pada keadaan ini kita harus mengatur buka tutup exposure  pada kamera.

Ada pula hal lain yang dapat menipu kamera yakni ketika matahari ada dibelakang gedung atau masuk ke dalam frame kamera. Bagian terang pada gambar akan membuat kamera mengatur exposure dengan lebih pendek dan bangunan akan tampak siluet. Cara mengatasinya adalah dengan menurunkan sedikit sudut kamera atau menggunakan pengaturan manual.

4. Manfaatkan Benda yang Ada Disekitar

fotografi gedung memanfaatkan benda

Memotret sebuah gedung atau bangunan terkenal mungkin sudah banyak sekali dilakukan oleh orang biasa maupun fotografer, tapi bukan berarti kalian kehilangan kesempatan itu. Ambilah foto bangunan yang sama namun dengan cara berbeda atau menggali kreatifitas kalian.

Misalnya, kalian bisa menambahkan elemen-elemen yang ada disekitar tempat kalian memotret, bisa dari bagian samping bangunan tua sebagai cermin untuk menangkap bangunan dihadapannya, mencari aliran air atau bisa juga memanfaatkan lengkungan gerbang dan ranting pohon untuk menciptakan frame pada gambar dan masih banyak lagi cara lainnya yang bisa kalian mainkan.

5. Profil Bangunan Hitam Putih

fotografi gedung hitam putih

Banyak sekali bangunan tua yang sering digunakan untuk memotret. Unsur tua, kuno dan rusaknya dari bangunan tersebut akan lebih menarik jika kita buat dengan hitam putih, sehingga bangunan terlihat lebih dramatis. Kalian bisa juga memanfaatkan filter infrared atau di edit kembali dengan photoshop, agak digelapkan sedikit bagian langitnya dan ganti warna sepia agar tampilan gedung terlihat lebih vintage.

Itulah artikel mengenai tips dan trick fotografi gedung agar terlihat lebih menarik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian yang ingin melakukan foto sebuah bangunan agar lebih indah dan keren untuk dilihat. Terimakasih 🙂

Leave a Comment