Review kamera Canon EOS M10
Review kamera Canon EOS M10

Review Canon M10 Kamera Mirrorless Murah

Canon sukses meluncurkan seri EOS M3 yang membawa banyak peningkatan fitur dibandingkan dengan seri EOS M generasi sebelumya. Tidak habis disitu, Canon merilis produk terbarunya dengan seri Canon EOS M10 yang ditargetkan untuk para fotografer pemula. Review Canon EOS M10 menjadi menarik karena kamera dengan harga yang cukup terjangkau ini mempunyai keunggulan yang tidak bisa dianggap enteng.

EOS M10 sangat cocok untuk pemula dan bisa di andalkan untuk menghasilkan foto dengan hasil kualitas bagus. Kamera berjenis mirrorless ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mempelajari hal baru tentang dunia fotografi. Fitur-fitur pendukung yang tersedia dapat menjadikan hasil jepretan Anda menjadi lebih optimal. Berikut kami ulas tentang kelebihan dari kamera Nikon EOS M10 ini.

 

Review Canon M10 – Fitur layar sentuh untuk memudahkan pengguna

Dengan teknologi layar sentuh yang di rancang Canon pada EOS M10 tentunya membuat pengoperasian kamera ini menjadi mudah. Layar berukuran 3 inci ini berkualitas warna TFT, layar ini memungkinkan pengguna untuk mempermudah dalam keperluan pratinjau gambar yang dijepret setelah pemotretan.

 

Layar sentuh Canon M10

Layar sentuh Canon M10 ( sumber : canon canon.co.uk )

 

Didukung dengan teknologi fitur Creative Assist pada Canon EOS M10 ini menjadikan layarnya menambah kaya berbagai fitur yang ditawarkan kepada penggunanya. Anda bisa melakukan edit gambar dengan mudah melalui layar Canon EOS M10 ini, dengan menggunakan jari Anda, Anda tinggal sentuh pada layar untuk mengatur foto dari tingkat ketajaman sampai kontras foto.

 

Konektivitas Wifi

Fitur satu ini memang sudah menjadi fitur wajib mengingat perkembangan teknologi komunikasi pada zaman ini yang sangat pesat, dengan dipasangkannya fitur konektivitas nirkabel membuat mengguna lebih puas ketika ingin membagikan momen foto mereka dengan cepat tanpa harus repot menggunakan kabel data untuk transfer foto.

BACA JUGA  Harga Second Kamera Canon M100

Anda dapat melakukan transfer data foto dimanapun dan kapanpun melalui smartphone android atau ios dan dapat membagikan keteman atau akun sosial media untuk melihat hasil karya-karya Anda.

Dengan teknologi Wi-Fi yang di pasangkan pada Canon EOS M10 ini, Anda dapat melakukan remote kamera melaui smartphone untuk melakukan shutter kamera, sehingga ketika Anda akan melakukan pengambilan gambar selfi, tentu fitur ini sangat memudahkan Anda untuk mengambil posisi gambar yang sesuai.

 

Memanfaatkan Aplikasi Canon Camera Connect

Anda dapat memanfaatkan aplikasi untuk melakukan transfer foto, Canon Camera Connect adalah Aplikasi gratis untuk smartphone dan tablet Apple iOS atau Android, yang menggabungkan semua fitur yang sebelumnya tersedia di EOS Remote atau Aplikasi Camera Window.

Fitur utama jika Anda mengunduh aplikasi ini adalah Anda bisa melakukan kontrol rana, zoom optik, timer otomatis, dan lampu kilat kamera Wi-Fi Anda dari jarak jauh. Selain itu melalui aplikasi ini Anda dapat Menjelajahi dan putar ulang gambar yang disimpan di kamera Anda dari smartphone atau tablet Anda.

 

Rentang ISO yang tinggi

ISO merupakan kamampuan tingkat sensivitas kamera dalam menangkap cahaya, pada kamera Canon EOS M10 ini memiliki Rentang ISO dari 100 hingga 12800 (bisa ditingkatkan hingga 25,600). Jika sebuah kamera memiliki rentang ISO yang rendah, maka hasil penagkapan cahaya pada gambar juga ikut rendah. Ini akan berefek pada hasil gambar dengan kualits rendah dan buram.

Pada Canon EOS M10 ini tentunya sangat bisa diandalkan dalam kondisi mengambilan foto yang minim cahaya, tentunya Anda tidak perlu kawatir mengenai hal ini jika memiliki kamera ini.

Layar LCD yang dapat ditekuk 180 derajat

Selain Anda bisa melakukan selfie melalui remote pada fitur nirkabelnya, tentunya dengan fitur LCD pada Canon ESO M10 yang bisa ditekuk ini juga membantu Anda jika ingin melakukan selfie langsung melalui kamera untuk mempermudah ANda. Layar pada Canon EOS M10 ini dapat di putar hingga 180 derajat, sehingga Anda bisa melihat wajah Anda sendiri langsung melalui kamera ini.

BACA JUGA  Spesifikasi Fujifilm XA20 Mirrorless untuk Entry Level

Tidak hanya itu, kemampuan pada LCD Canon ESO M10 ini juga didukung dengan mode Self-Potrait, fitur ini memungkin untuk menghaluskan kulit, meningkatkan kontras hingga melakukan pengaturan waktu otomatis.

 

Layar dapat ditekuk

Layar Canon M10saat di tekuk 180 derajat

 

Bodi kecil dan ringan

Canon EOS M10 memiliki bodi yang kecil dan ringan, bobot kamera ini hanya 301 gram, bobot ini merupakan paling ringan diantara semua varian kamera Canon EOS M. Untuk dimensi ukurannya kamera ini memiliki dimensi 108 x 67 x 35 mm. Dengan dimensi yang kecil dan bobor yang ringan ini, kamera Canon EOS M10 ini bisa menemani segala Anda ketika bebergian kemana saja tanpa memikirkan berat untuk membawanya.

Untuk pilihan warna pada kamera Canon EOS M10 ini tersedia warna hitam dan putih. Sekilas dilihat dari model kamera ini terkesan tidak murahan dan berkualitas premium. Jika Anda menggenggam kamera ini juga terasa nyaman meski tidak memiliki hand grip.

Body Kecil dan Ringan

Body Kecil dan Ringan

 

Sistem Auto Fokus Cepat

Review Canon EOS M10 mengenai performa kamera ini, mesinnya dibekali dengan Sensor CMOS-C 18MP dan dengan prosesor gambar DIGIC 6. Sistem autofocus-nya didukung dengan teknologi Hybrid (CMOS AF II) dengan titik fokus berjumlah 49 titik fokus. Sehingga untuk performa pengambilan gambar pada kamera ini terasa cukup cepat dan akurat pada kondisi pencahayaan ideal.

 

Performa Baterai

Untuk performa baterainya sendiri Canon EOS M10 dibekali dengan baterai Li-ion Battery LP-E12. Untuk sekali pakai bertai ini mampu mengambil hingga 255 gambar. Untuk pengambilan video tentunya juga terasa cepat habis karena daya baterai Canon EOS M10 ini memang tidak besar. Hasil videonya sendiri bisa merekam selama 29 menit 59 detik atau hampir stengah jam.

BACA JUGA  Spesifikasi Fujifilm XA10 Kamera Mirrorless Murah

Ada baiknya jika Anda punya uang lebih untuk membeli baterai cadangan agar sewaktu-waktu Anda ingin menjepret gambar yang lebih banyak atau mengambil video dengan durasi yang agak panjang. Anda bisa menganti dengan baterai cadangan tersebut.

 

Harga Canon EOS M10

Dari hasil Review Canon EOS M10 diatas tentunya kurang lengkap jika tidak menginformasikan berapa harga kamera ini. Untuk harga pasaran Indonesia kamera ini dijual untuk harga saat ini sekitar 5 jutaan, harga tersebut sudah sepaket dengan lensa EF-M15-45mm.

Harga tersebut tentunya sesuai dengan fitur yang diberikan dan bisa Anda gunakan untuk sekedar hobi atau memulai menjadi fotografer pemula.

 

Produk Spesifikasi Canon EOS M10

Model Kamera Canon EOS M10 Mirrorless
Resolusi Gambar 18 Megapixels
Teknologi Sensor 22.3 x 14.9mm CMOS
Prosesor Gambar DIGIC 6
Format Gambar JPEG, RAW
Video Recording Full HD – 1920 x 1080
HD – 1280 x 720 (29min 59sec)
Auto Fokus Hybrid CMOS AF System 49 titik.
ISO Auto, 100-12800 (expands to 25600 )
Format Video Movies: MP4 – Video: MPEG-4 AVC/H.264
Viewfinder
LCD Monitor 3 inch 1,040,000 titik (Layar Sentuh)
Media Penyimpanan SD, SDHC, SDXC (UHS-I compatible)
Berat Produk 301 gram
Baterai Li-ion Battery LP-E12
Ukuran Dimensi 108 x 67 x 35 mm
Port Konektivitas Hi-Speed USB (Mini-B compatible), HDMI
Konektivitas Nirkabel Wi-Fi, NFC
Harga Rp. 5 Jutaan

 

About reviewkamera

Check Also

Lumix S1H Spesifikasi

Lumix S1H Spesifikasi Harga Mirrorless Full Frame 6K

Lumix S1H Spesifikasi Harga –  Panasonic telah resmi meluncurkan produk terbaru dengan teknologi kamera full …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *