Review Harga Spesifikasi Nikon D3500

Nikon masih melakukan inovasi dengan merilis kamera versi DSLR barunya yang di peruntukan untuk penghobi pemula, Salah satunya adalah kamera keluaran baru Nikon D3500 yang bisa dijadikan alat pembelajaran bagi para fotografer pemula.

Di lihat dari aspek spesifikasi dan harga yang ditawarkan Nikon, D3500 dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan harga yang terjangkau dengan fitur memadai untuk para fotografer pemula.

Dari segi desain DSLR satu ini dirancang dengan sangat praktis sehingga nyaman dibawa kemanda saja saat penggunanya melakukan travelling atau sekedar hunting foto sehari hari. Dan tentu hasil yang ditawarkan juga jauh lebih baik jika dibanding menggunakan kamera smartphone atau sejenisnya.

 

Kami tertarik mereview kamera satu ini untuk menyajikan infomasi bagi para fotografer pemula sehingga lebih mantab menentukan pilihannya untuk memilih teman dalam belajar memotret. Berikut ini akan kamu sajikan riset kecil kami menganai kamera nikon D3500 ini.

 

Fitur Nikon D3500

Kamera ini tetap masih mempertahankan jumlah pikesl yaitu 24,2 MP yang sama dengan generasi sebelumnya Nikon D3400. D3500 juga menggunakan filter low pass optik untuk sensor sensor APS-C, sensor ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas gambar, sedangkan rentang ISO-nya berkisar antara 100 – 25.600 dan hal ini cukup terbilang luas.

Sedangkan untuk teknologi perekaman videonya masih menggunakan kualitas Full HD. Meski demikian Nikon D3500 masih mampu merekam dengan sangat lancar pada 30/25p, 60/50p dan 24p. Selain itu kamera ini tidak disediakan port microfon sehingga para pengguna hanya bisa mengandalkan microfon bawaan built-in yang bersifat monaural.

Review Harga Spesifikasi Nikon D3500
Gambar body nikon D3500

 

Display yang tawarkan pada Nikon D3500 ini berukuran 3,0 inchi dan layar ini berfifat permanen sehingga pengguna tidak bisa menekuk lipat jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk pengambilan gambar pada posisi rendah. Sepertinya hal ini memang disesuaikan Nikon dengan harga kamera ini.

BACA JUGA  Harga Nikon D750 Kamera DSLR Full Frame

 

Transfer foto ke ponsel jadi lebih mudah dengan teknologi nirkabel

Salah satu kelebihan yang terdapat pada Nikon D3500 ini adalah fitur transfer data nirkabelnya, jadi kamu bisa melakukan transfer data foto dengan mudah memakai bluetooth atau aplikasi SnapBride. Melalui fitur ini kamu bisa langsung terhubung ke ponsel untuk melakukan transfer foto.

Tentunya hal ini sangat membantumu jika kamu ingin selalu update sosial media dengan hasil gambar jepretanmu tanpa harus melalui perangkat tambahan seperti laptop.

Teknologi bluetooth yang digunakan menggunakan versi 4.1 dan teknologi nirkabel ini juga bisa kamu manfaatkan untuk pengambilan foto melalui ponsel dan difungsikan sebagai remote untuk memencet tombol shutter.

 

Performa Nikon D3500

Performa Nikon D3500 pada saat proses pengambilan gambar sangat responsif, dibekali dengan lensa kit Nikkor AF-P DX 18-55mm f/3.5-5.6G VR menjadikan kamera satu ini sangat cekanan dalam menyimpan gambar yang diambil.

Bagi para fotografer pemula bisa mengoperasikan kamera ini dengan membiarkan kamera memilihkan titik fokus otomatis atau menentukan sendiri, dan hal tersebut dapat dilakukan Nikon D3500 dengan sangat cepat dan responsif.

Kualitas hasil jepretan yang dihasilkan juga memberikan foto yang tegas, tajam dan hasil gambar terekspos sangat baik seperti karakter hasil foto kamera Nikon pada umumnya.

Performa lensa 188-55mm yang ditawarkan juga sangat bagus dengan harga lensa kit yang terjangkau. Kamera ini dibuat untuk kelas entry level, akan tetapi hasilnya tidak kalah dengan DSLR kelas menengah kamera Nikon lainnya atau brand pesaingnya.

 

BACA JUGA
Spesifikasi Harga Nikon D750 Kamera DSLR Full Frame Berkualitas
Review Spesifikasi Harga Nikon Z6 Kamera Mirrorless Full Frame
Harga Nikon Z5 Kamera Mirrorless Full Frame Review Harga dan Spesifikasi

BACA JUGA  Harga Nikon Z5 Kamera Mirrorless Full Frame

 

Di sisi lain Nikon D3500 ini lebih mudah memunculkan nosise saat mode settingan kamera pada ISO 6400 dan akan sangat parah hasilnya jika settingan ISO tertinggi 25.600. Hal ini dapat dimaklumi karena ISO dengan settingan tertinggi memiliki hasil noise lebih galak dan selain itu juga digunakan pada pemprotetan pada situasi tertentu saja.

Noise akan minim muncul jika kamera ini di setting pada ISO 1600 dan 3200 meski digunakan untuk memotret pada area yang sangat minim cahaya.

 

Bodi dan Kontrol

Desain bodi pada kamera satu ini memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan dengan DSLR pada umumnya atau pada kompetitor pada entry level.

Grip untuk area genggaman tanggan terasa nyaman saat digunakan serta penataan tombol-tombol fungsi pada kamera juga menjadikan kamera Nikon D3500 ini nyaman dan mudah digunakan .Jadi ketika pengoperasin tombol pada kamera ini tidak perlu kawatir jika salah pencet tombol yang akan dituju atau terpencet secara tidak sengaja.

Untuk layarnya sendiri belum didukung dengan layar sentuh, untuk navigasinya mengandalkan tombol tekan dan putar saja untuk melalukan setting kamera atau melihat hasil jepretan. Selain itu layarnya juga tidak dibekali dengan sistem tekuk putar sehingga akan sangat repot jika kita ingin mengambil gambar dengan sudut pandang rendah. Ya memang kamera ini dibuat dengan fitur sesuai dengan harga yang ditawarkan pabrikan Nikon.

Layar nikon D350
Tampilan layar dan tombol fungsi nikon D3500

 

Hal tersebut tidak lantas menjadikan kamera Nikon D3500 ini turun kualitas layarnya. Dari segi tampilan display kamera ini sangat bagus. Dengan desain yang mendetail, tajam dan pewarnaan yang jernih dan terang, sehingga dapat menampilkan infomasi yang bagus dari info pengaturan shutter speed, pengelolaan ISO dan aperture lensa.

BACA JUGA  Harga Nikon Z6 Kamera Mirrorless Full Frame

Untuk sistem pengontrolan pada DSLR satu ini juga dirancang sangat bagus, tombol power yang didesain mengelilingi tombol shutter menjadikan pengguna mudah ketika akan melakukan proses jepret gambar dengan jari telunjuk untuk mematikan atau menyalakan kamera. Sedangkan untuk fungsi tombol putar mode nya juga mudah dioperasikan dengan jompol tangan kanan.

Jenis viewfinder pada Nikon D3500 ini tidak dibekali dengan penta prismas akan tetapi dengan teknologi jenis pentamirror, tetapi itu tidak menjadikan masalah, dan untuk mengintip area bidik pun masih nyaman dengan tampilan cerah dan jernih sehingga kita bisa membidik area sudut frame tanpa harus menutup satu mata. Untuk performa baterainya sendiri pada kamera ini cukup awet, untuk sekali pemakaian baterai kamera ini bisa menjepret kisaran 1500-foto. 

Harga Nikon D3500

Untuk harganya sendiri Nikon D3500 ini dibanderol dengan harga 5 jutaan body only, jika kamu membeli dengan lensa kit maka harganya sekitar 6 jutaan saja. Hal ini tergolong murah dibanding kamera DSLR Nikon lainnya.

 

 

Sensor 24.2MP APS-C CMOS 4, 23.5 x 15.6mm
Prosesor gambar EXPEED 4
Titik AF 11-point AF, 1 cross-type
Rentang ISO 100 to 25,600
Ukuran foto maks 6,000 x 4,000px
Resolusi video 1920 x1080px ( pada 60p, 50p, 30p, 25p, 24p )
Viewfinder pentamirror optikal dengan sudut pandang 95%
Kartu memori SD/SDHC/SDXC UHS I
LCD 3.0 ini 921K dots
Burst maks 5fps
Konektivitas Bluetooth 4.1
Ukuran Dimensi 124 x 97 x 69.5mm (bodi)
Berat 415 Gram
Harga Rp 5,5 jutaan (body only )

About reviewkamera

Check Also

Harga Nikon Z6 Kamera Mirrorless Full Frame

Nikon Z6 resmi dirilis pabrikan Nikon dengan jenis mirorless full frame terbaru. Kamera Nikon Z6 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *