counter free hit unique web
sony a7rv body

Sony A7R V Spesifikasi dan Harga

Sony A7R V Spesifikasi dan Harga – Sony meluncurkan produk kamera canggih dengan seri Sony A7R V, kamera ini siap diluncurkan pada bulan desember 2022 dengan harga berkisar $3899 body only. Sony a7R V dibangun dengan sensor full-frame BSI CMOS 60MP yang sama dengan Mark IV, tetapi Sony mengatakan prosesor baru memungkinkannya untuk menggunakan kemampuan sensor sepenuhnya dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh kamera generasi sebelumnya.

Lalu apa yang baru dari kamera Sony a7R V ini? Sebagian besar dari apa yang ditawarkan a7R V dibandingkan pendahulunya berasal dari prosesor yang lebih bertenaga di kamera baru. Mereka menghadirkan serangkaian fungsi, serta sistem menu yang jauh lebih baik. Sony juga berbicara tentang prosesor yang didedikasikan untuk mengolah algoritme rumit yang dilatih AI yang digunakan untuk fokus, pencahayaan, dan white balance.

Prosesor baru menghadirkan kekuatan untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan pengenalan subjek kamera. a7R IV memiliki kemampuan untuk mengenali dan memprioritaskan orang, wajah dan mata mereka, tetapi V lebih jauh dari itu. Ini memperoleh sistem yang dirancang untuk mengenali subjek manusia dengan lebih baik tetapi juga dilatih untuk mengenali berbagai jenis subjek non-manusia.

 

Fitur dan Spesifikasi Sony A7R V

Sony a7R V adalah generasi kelima dari seri mirrorless full-frame resolusi tinggi perusahaan. Untuk lebih lengkapnya berikut spesifikasi dari Sony A7R V ini.

  • Sensor CMOS BSI 60MP
  • Peningkatan AF dengan pengenalan subjek
  • Stabilisasi dalam bodi diberi nilai hingga 8.0EV
  • Pemotretan beruntun hingga 10fps dengan flash (JPEG atau Lossy Compressed Raw)
  • Video 8K/24p atau 4K/60p (keduanya dengan pemotongan 1,24x)
  • 4K lebar penuh hingga 30p
  • Opsi video 10-bit 4:2:2, termasuk S-Log3, S-Cinetone, dan HLG
  • Layar belakang yang diartikulasikan sepenuhnya pada dudukan yang dapat dimiringkan
  • Mode bracketing fokus (dengan menumpuk melalui komputer)
  • Multi-shot pixel shift high res mode dengan motion compensation (melalui komputer)
  • Penghapusan debu pergeseran sensor dan tutup rana dengan opsi matikan
  • Wi-Fi MIMO 2×2
  • Video standar USB UVC/UAC untuk digunakan sebagai webcam

Auto Focus

Sistem AF kamera akan mengenali Manusia, Hewan, Burung, Serangga, Mobil & Kereta Api, dan Pesawat. Menariknya, ada mode terpisah untuk Hewan dan Burung serta opsi gabungan Hewan/Burung. Jenis subjek Anda dapat dipilih dari menu utama, menu Fn, atau tombol khusus. Daftar subjek yang diakses melalui tombol khusus dapat disesuaikan untuk hanya menyertakan mode yang Anda gunakan.

Setiap mode pengenalan individu memiliki serangkaian parameter yang dapat dimodifikasi, dengan kontrol atas seberapa jauh dari titik AF yang Anda pilih kamera akan mencari subjek, seberapa besar keinginan untuk memfokuskan kembali ke subjek lain, dan seberapa sensitif atau toleran pengenalan yang sebenarnya akan. Selain itu, ada pilihan apakah kamera akan berfokus pada Mata/Kepala/Tubuh, hanya Mata/Kepala atau hanya Mata, untuk manusia, hewan, atau burung.

BACA JUGA  Harga Kamera A7ii dengan Sensor Full Frame

Ini adalah jumlah opsi yang sangat memusingkan, tetapi mungkin sebagian besar fotografer hanya akan bergantung pada satu atau dua mode pengenalan dan karenanya hanya perlu menghabiskan waktu untuk menyempurnakan cara kamera bereaksi terhadap subjek pilihan mereka. Semua subjek deteksi tersedia dalam mode diam dan video.

 

Peningkatan stabilisasi

Kekuatan pemrosesan yang lebih besar dan algoritme yang lebih canggih menawarkan peningkatan yang signifikan pada sistem stabilisasi dalam kamera, membantunya memberikan peringkat 8.0EV dalam pengujian standar industri. Ini telah dicapai tanpa menggabungkan stabilisasi dalam-bodi dan dalam-lensa, seperti yang dilakukan oleh banyak merek lain (sistem Sony menggunakan gerakan dalam-badan atau dalam-lensa untuk setiap sumbu koreksi: tidak pernah keduanya bersamaan). Ini berarti performa yang lebih tinggi dipertahankan dengan lensa non-IS.

Seperti biasa, tes IS yang dilakukan menggunakan metodologi CIPA agak sederhana dan dapat secara signifikan melebih-lebihkan efek dunia nyata, tetapi peringkat setinggi itu hanya mungkin dicapai dalam sistem yang bekerja dengan baik dalam praktiknya, bahkan jika Anda tidak melakukannya. Anda tidak perlu mengalami manfaat delapan perhentian penuh.

 

Raw Kecil

a7R V menawarkan rentang ukuran file Raw yang lebih luas, untuk keadaan di mana sejumlah besar Raw dengan detail penuh 60MP akan sangat banyak. Selain opsi penuh, Tidak Terkompresi, kamera dapat memotret file Terkompresi Besar, Sedang, atau Kecil. Ada juga opsi Raw ‘Compressed’ milik Sony (yang sedikit) merusak.

File Raw Sedang dan Kecil adalah versi 26MP dan 15MP yang di-downsampling dari gambar penuh (jadi mungkin tidak ada lossless, tidak sepenuhnya lossless spasial), yang seharusnya memiliki lebih banyak detail daripada gambar yang diambil dengan kamera 26 atau 15MP. Ada juga opsi untuk menangkap gambar APS-C 26MP yang dipangkas (atau versi 15MP yang dipangkas dari potongan ini).

 

Focus bracketing

a7R V menjadi Sony pertama yang memiliki fungsi bracketing fokus bawaan. Ini dipilih sebagai mode Drive dan Anda dapat memilih ‘lebar langkah’ antara jarak fokus yang berbeda dan jumlah bidikan yang diambil (hingga 299). Dalam menu, Anda dapat memilih apakah kamera terus fokus lebih jauh dari titik saat ini atau apakah fokus lebih dekat dan lebih jauh dari titik saat ini. Perataan eksposur, penundaan eksposur untuk memungkinkan daur ulang flash dan opsi untuk menyimpan gambar yang dikurung ke folder terpisah juga merupakan opsi.

Seperti mode pergeseran piksel, jika Anda ingin menumpuk dan mengombinasikan sekumpulan gambar yang dikurung fokus, Anda harus menggunakan Imaging Edge Desktop atau perangkat lunak di luar kamera lainnya.

 

Mode resolusi tinggi multi-shot

Karena ‘R’ adalah model resolusi tinggi perusahaan, ia menawarkan mode resolusi tinggi multi-shot pixel-shift berbasis tripod. Ini menawarkan mode empat bidikan yang menangkap informasi merah, hijau, dan biru untuk setiap lokasi piksel keluaran, memberikan resolusi kroma yang lebih besar dan menghindari efek pelembut dari demosaicing gambar Bayer. Ada juga mode 16-shot yang memotret empat kuartet Bayer-cancelling dengan sedikit offset, relatif satu sama lain, untuk meningkatkan resolusi pengambilan keseluruhan menjadi 240MP.

BACA JUGA  Review Sony Nex F3 Harga Spesifikasi

Kedua mode ini mengharuskan gambar digabungkan dalam perangkat lunak Imaging Edge Desktop Sony, versi terbaru yang mendeteksi pergerakan subjek di antara gambar, dan mengoreksi gerakan ini.

Pemotretan beruntun dengan flash

a7R V dapat memotret hingga 10fps dalam mode JPEG atau lossy Compressed Raw, dengan kecepatan turun menjadi sekitar 7fps dalam mode Raw dengan kualitas lebih tinggi. Buffer memungkinkan hingga 583 file Raw Terkompresi. Dengan blitz yang kompatibel, ia dapat menggunakan pengukuran blitz P-TTL pada laju ledakan tertinggi ini. Pengguna flash akan mengapresiasi kemampuan kamera untuk merekam pengaturan ISO dan kecepatan rana terpisah saat strobo sedang digunakan, membuatnya mudah untuk beralih bolak-balik antara pemotretan cahaya alami.

Rana dinilai bertahan selama 500.000 aktuasi, tetapi kecepatan sinkronisasi maksimum 1/250 detik menunjukkan bahwa mekanismenya tidak sama dengan yang digunakan di a1.

Selain itu, ada mode anti-flicker yang menyinkronkan rana ke titik terang dalam pencahayaan konvensional, dan mode yang memungkinkan penyesuaian kecepatan rana faksi kecil untuk digunakan dengan kedipan frekuensi tinggi yang mungkin Anda alami dengan pencahayaan LED.

 

Wi-Fi lebih cepat

Wi-Fi a7R V sekarang menawarkan kompatibilitas 2 x 2 MIMO (multiple in, multiple out). Ini berarti harus dapat menggunakan saluran komunikasi paralel ke perangkat MIMO lainnya. Ini membantu kamera menghadirkan tethering nirkabel meskipun ukuran filenya besar. Wi-Fi masih dapat digunakan untuk mengirim dan menerima file ke ponsel cerdas dan berfungsi dengan baik bagi kami yang menggunakan aplikasi Android Imaging Edge versi saat ini.

 

Desain Bodi Sony a7R V

Sny a7R V menggunakan bodi yang sangat mirip dengan a7S III, yang merupakan evolusi dari bodi a7R IV. Itu berarti semua tombol dan dial akan berada di tempat yang cukup akrab bagi pengguna yang sudah ada, tetapi ada beberapa peningkatan di sepanjang jalan. Seperti yang Anda harapkan dari kamera pada level ini, ia memiliki casing aloi magnesium yang dirancang agar tahan debu dan kelembapan.

Pegangan dan dial kamera sangat, sangat mirip dengan pendahulunya, tetapi tombol [REC] telah bertukar tempat dengan salah satu tombol Kustom bernomor sehingga sekarang berada di pelat atas kamera, tepat di belakang tombol rana.

Di bagian depan kamera, Anda dapat melihat lingkaran putih pucat dari sensor keseimbangan putih kamera, yang digunakan untuk membantu mengurangi kinerja Keseimbangan Putih Otomatis, terutama dalam mode video.

sony a7rv port
sumber: dpreview.com

Dibagian port Anda akan menemukan terminal sinkronisasi flash yang ditawarkan oleh a7R IV, tetapi sekarang bergabung dengan port HDMI ukuran penuh dari a7S III. Port USB C juga telah ditingkatkan ke standar USB 3.2 Gen 2 (10Gbps), membuatnya lebih cepat untuk mentransfer file dari kamera. Soket USB juga dapat, melalui adaptor, memungkinkan kamera terhubung ke LAN Ethernet.

BACA JUGA  Harga Kamera Sony RX100 Kamera Performa Canggih
sony a7rv control
sumber: dpreview.com

Namun, perubahan terbesar adalah dimasukkannya dudukan miring di belakang layar belakang yang diartikulasikan sepenuhnya. Ini berarti Anda dapat memiringkan layar ke depan, keluar dari jalur mikrofon dan port headphone sebelum memperluas layar artikulasi, atau Anda dapat membalik layar ke luar dan menggunakannya seperti layar miring konvensional, jika Anda mau.

Jendela bidik a7R V juga telah ditingkatkan, dibandingkan dengan pendahulunya. Optik finder meningkatkan perbesaran hingga 0,9x yang mengesankan dan sekarang menggunakan layar OLED 9,44M dot (2048 x 1536 piksel). Anda harus menggunakan opsi ‘Kualitas Tampilan: Tinggi’ untuk mendapatkan resolusi penuh panel saat memotret, dan resolusi tersebut kemudian akan turun saat kamera fokus, tetapi ini memberikan tampilan dunia beresolusi tinggi yang sangat bagus. Ada juga opsi ‘Finder Frame Rate’ yang tinggi, tetapi ini mengunci EVF ke mode resolusi standarnya.

 

Sony A7R V Spesifikasi – Slot kartu

Seperti kamera Sony terbaru lainnya, a7R V memiliki dua slot kartu format ganda. Ini dapat menerima kartu SD UHS-II atau kartu CFexpress Type A kecil yang saat ini hanya digunakan oleh Sony. Tidak ada mode atau fungsi yang menuntut penggunaan kartu CFe pada a7R V tetapi kecepatan tulis dan bacanya yang lebih cepat membuat kamera terasa sedikit lebih cepat, terutama saat memotret pada 10 fps.

sony a7rv slot kartu
sumber: dpreview.com

Sony A7R V Spesifikasi – Battery

Sony a7R V menggunakan baterai NP-FZ100 yang sama dengan kamera Mark III dan a7 yang lebih baru. Ini adalah baterai 16,4Wh yang memberi daya pada a7R V hingga peringkat 530 bidikan per pengisian daya saat menggunakan layar belakang atau 440 bidikan per pengisian daya menggunakan jendela bidik.

Seperti biasa, angka yang diperoleh dengan menggunakan tes standar CIPA cenderung kurang mewakili berapa banyak bidikan yang sebenarnya didapat kebanyakan orang dari baterai. Kami biasanya menganggap menggandakan nilai rating sebagai ekspektasi yang masuk akal dan lebih dari ini jika Anda memotret banyak semburan.

Baterai dapat diberi daya melalui USB, asalkan ada baterai. Pengisi daya PD USB yang cukup kuat akan memungkinkan kamera mengisi daya saat dioperasikan.

 

Contoh Hasil Gambar Sony a7R V

Sony A7R V SpesifikasiSony A7R V SpesifikasiSony A7R V SpesifikasiSony A7R V Spesifikasi

sumber: dpreview.com

 

Dari segi harga seperti yang telah kami jelaskan pada artikel diawal, kamera ini akan diluncurkan pada bulan desember 2022 dengan harga sekitar $3899 body only. Dengan harga tersebut tentu kamera ini ditujukan untuk kalangan fotografer profesional.

Demikian ulasan reviewkamera.com mengenai artikel kami yang berjudul Sony A7R V Spesifikasi dan Harga ini. Semoga ulasan kami diatas bermanfaat bagi anda.

About reviewkamera

Check Also

Review Sony Nex F3 Harga Spesifikasi

Review Sony Nex F3 Harga Spesifikasi

Review Sony Nex F3 Harga Spesifikasi – Sony meluncurkan kamera mirrorless dengan seri Sony Nex …